Kamis, 18 Desember 2014

Pengantar Multimedia

DEFINISI MULTIMEDIA

MULTI [latin nouns] : banyak; bermacam-macam


MULTIMEDIA terbagi :
MEDIUM       [latin]  :   sesuatu  yang  dipakai  untuk menyampaikan atau membawa sesuatu
MEDIUM      [American      Heritage      Electronic
Dictionary, 1991] : alat untuk mendistribusikan dan mempresentasikan informasi

 Multimedia dapat diartikan sebagai penggunaan beberapa media yang berbeda untuk menggabungkan dan menyampaikan informasi dalam bentuk text, audio, grafik, animasi, dan video.

Beberapa definisi menurut beberapa ahli:
1. Kombinasi dari komputer dan video (Rosch, 1996)
2. Kombinasi  dari  tiga  elemen:  suara,  gambar,  dan  teks  (McComick,
1996)
3. Kombinasi dari paling sedikit dua media input atau output.  Media ini dapat berupa audio (suara, musik), animasi, video, teks, grafik dan
gambar (Turban dan kawan-kawan, 2002)
4. Alat yang dapat menciptakan presentasi yang dinamis dan interaktif yang mengkombinasikan teks, grafik, animasi, audio dan video (Robin
dan Linda, 2001)
5. Multimedia dalam konteks komputer menurut Hofstetter 2001 adalah:
pemanfaatan  komputer  untuk  membuat  dan  menggabungkan  teks, grafik, audio, video, dengan menggunakan tool yang memungkinkan
pemakai berinteraksi, berkreasi, dan berkomunikasi.


Sedangkan menurut  wikipedia.org:
Multimedia is the use of several different media to convey information (text, audio, graphics, animation, video, and interactivity). Multimedia also refers to


computer data storage devices, especially those used to store multimediantent.



DEFINISI KOMPUTER MULTIMEDIA


Menurut wikipedia.org:
Komputer Multimedia adalah  sebuah  komputer yang  dikonfigurasi sesuai dengan rekomendasi dan memiliki sebuah CD-ROM. Standarisasi komputer mutlimedia  dilakukan  oleh  "Multimedia  PC  Marketing  Council",  sebuah
kelompok kerja  dari  sebuah perusahaan yang  dahulu  bernama Software Publishers Association (sekarang bernama Software and Information Industry Association). Perusahaan ini merupakan gabungan dari Microsoft, Creative
Labs, Dell, Gateway, dan Fujitsu.

Kenapa CD-ROM?
Karena dahulu multimedia sebatas hanya kemampuan komputer untuk menampilkan video melalui sebuah CD-ROM saja.

Standar Komputer Multimedia menurut Software and Information Industry
Association:

¾  Pada tahun 1990:

    16 MHz 386SX CPU
    2MB RAM
    30MB hard disk
    256-color, 640 x 480 VGA video card
    1x CD-ROM drive using no more than 40% of CPU to read, with < 1 second seek time
    Sound card outputting 22 kHz, 8-bit sound; and inputting 11 kHz, 8- bit sound
    Windows 3.0 with Multimedia Extensions.

¾  Pada tahun 1993:

    25 MHz 486SX CPU
    4 MB RAM
    160 MB hard disk
    16-bit color, 640×480 VGA video card
    2X CD-ROM drive using no more than 40% of CPU to read at 1x, with < 400ms seek time
    Sound card outputting 44 kHz, 16-bit sound
    Windows 3.0 with Multimedia Extensions, or Windows 3.1


¾  Pada tahun 1996:

    75 MHz Pentium CPU
    8 MB RAM
    540 MB hard disk
    Video system that can show 352×240 at 30 frames per second, 15- bit color
    MPEG-1 hardware or software video playback
    4x CD-ROM drive using no more than 40% of CPU to read, with <
250ms seek time
    Sound card outputting 44 kHz, 16-bit sound
    Windows 3.11





MENGAPA MULTIMEDIA?

Multimedia dapat digunakan dalam:

1. Bidang periklanan yang efektif dan interaktif
2. Bidang  pendidikan  dalam  penyampaian  bahan  pengajaran  secara interaktif dan dapat mempermudah pembelajaran karena dididukung oleh berbagai aspek: suara, video, animasi, teks, dan grafik
3. Bidang  jaringan  dan  internet  yang  membantu  dalam  pembuatan website yang menarik, informatif, dan interaktif

Menurut riset Computer Technology Research (CTR):

1. Orang mampu mengingat 20% dari yang dilihat
2. Orang mampu mengingat 30% dari yang didengar
3. Orang mampu mengingat 50% dari yang didengar dan dilihat
4. Orang  mampu  mengingat  30%  dari  yang  didengar,  dilihat,  dan dilakukan.

Multimedia mampu:

1. Mengubah mengubah tempat kerja.   Dengan adanya teleworking, para pekerja dapat melakukan pekerjaanya tidak harus dari kantor. Contoh     software    yang    mendukung    teleworking/telecommuting: Netmeeting!
2. Mengubah   cara    belanja.        Homeshopping/teleshopping   dapat dilakukan  dengan  menggunakan  internet,  kemudian  barang  datang
dengan sendirinya.

3. Mengubah cara bisnis. Nokia membuat bisnis telepon seluler, banyak perusahaan menggunakan sistem jual beli online, bank menggunakan cara online-banking.
4. Mengubah   cara   memperoleh   informasi.      Orang-orang   mulai menggunakan internet dan berbagai software untuk mencari informasi.
Misalnya: membaca koran online, detik.com, menggunakan software kesehatan, belajar gitar dari software dan masih banyak lagi.
5. Mengubah  cara  belajar.  Sekolah  mulai  menggunakan  komputer multimedia, belajar online, menggunakan e-book.
6. Internet Multimedia juga mulai bersaing dengan televisi dan radio.



Media (berdasar ISO93a) dapat diklasifikan menjadi beberapa kriteria :
1. Perception Medium
  Perception    media    membantu    manusia    untuk    merasakan lingkungannya
  “Bagaimana   manusia   menerima   informasi   pada   lingkungan komputer?”   Æ   Persepsi  informasi  melalui  penglihatan  atau pendengaran
 Perbedaan persepsi informasi melalui “melihat” dan “mendengar”
 Aspek pada perception medium :
i.  Aspek  Representative  Space:  sesuatu  yang  terkandung daklam presentasi secara nyata
- Kertas, layar
-  Slide show, power point
ii.  Aspek Representative Values: nilai-nilai yang terkandung dalam presentasi
- Self contained (interpretasi tiap orang berbeda), misal:
suhu, rasa, bau
-  Predefined      symbol      set      (sudah      disepakati sebelumnya), misal: teks, ucapan, gerak tubuh
iii.  Aspek Representation Dimension
- Ruang (space)
- Waktu (time) :
time independent, discreet (text, grafis)
time  dependent  ,  continuous  media  (video, audio, sinyak dari sensor yang berbeda)
2. Representation Medium
    Representation media ditentukan oleh representasi informasi oleh komputer
    “Bagaimana    informasi    pada    komputer    dikodekan?”    Æ Menggunakan                                   berbagai    format    untuk    merepresentasikan informasi. Contoh :
-   Text                 :  ASCII dan EBCDIC
-   Grafis               :  CEPT atau CAPTAIN videotext
-     Audio stream   :  PCM  (Pulse  Coding  Method)  dengankuantisasi linier 16 bit
-   Image              :  Facsimile (standard ISO) atau JPEG
-     Audio/video     :  TV  standard  (PAL,  SECAM,  NTSC), computer standard (MPEG)
3. Presentation Medium
    Tool dan device yang digunakan untuk proses input dan output informasi
    “Melalui  edia   apa   informasi  disajikan  oleh   komputer,  atau dimasukkan ke komputer?”
Æ   Output :  kertas, layar, speaker
Æ   Input    :  keyboard, mouse, kamera, microphone
4. Storage Medium
    Pembawa data yang mempunyai kemampuan untuk menyimpan informasi (tidak terbatas pada komponen komputer)
    “Dimanakah informasi akan disimpan?” Æ microfilm, floppy disk, hard disk, CD ROM, DVD, MMC, SDCard
5. Transmission Medium
    Pembawa  informasi  yang  memungkinkan  terjadinya  transmisi data secara kontinyu (tidak termasuk media penyimpanan)
    “Melalui apa informasi akan ditransmisikan?” Æ melalui jaringan, menggunakan kabel (coaxial, fiber optics), melalui udara terbuka (wireless)
6. Information Exchange Medium
    Pembawa informasi untuk transmisi, contoh : media penyimpanan dan media transmisi
    “Bagaimana   informasi   dari   tempat   yang   berbeda   saling dipertukarkan?” Æ direct transmission dengan jaringan komputer, combined  (storage  dan  transmission media),  web  yang  berisi informasi, e-book, forum



SISTEM MULTIMEDIA
A multimedia system is any system which supports more than a single kind of media [AHD 1991].


Bagaimana sistem bisa disebut sebagai sistem multimedia?


1.  Kombinasi Media
Sistem  disebut  sistem  multimedia  jika  kedua  jenis  media  (continuous/
discrete) dipakai.   Contoh media diskrit : teks dan gambar, dan media kontinu adalah audio dan video.


2.  Independence
Aspek utama dari jenis media yang berbeda adalah keterkaitan antar media tersebut.  Sistem  disebut  sistem  multimedia jika  tingkat  ketergantungan/
keterkaitan antar media tersebut rendah.


3.  Computer-supported Integration
Sistem harus dapat melakukan pemrosesan yang dikontrol oleh komputer. Sistem dapat diprogram oleh system programmer/ user.

Sistem Multimedia dapat dibagi menjadi:
1. Sistem Multimedia Stand Alone
Sistem ini berarti merupakan sistem komputer multimedia yang memiliki minimal storage (harddisk, CD-ROM/DVD-ROM/CD-RW/DVD-RW), alat
input (keyboard, mouse, scanner, mic), dan output (speaker, monitor, LCD Proyektor), VGA dan Soundcard.


2. Sistem Multimedia Berbasis Jaringan
Sistem   ini   harus   terhubung   melalui   jaringan   yang   mempunyai bandwidth yang besar.  Perbedaannya adalah adanya sharing sistem
dan pengaksesan terhadap sumber daya yang sama.  Contoh:  video converence dan video broadcast
Permasalahan:  bila  bandwidth  kecil,  maka  akan  terjadi  kemacetan
jaringan, delay dan masalah infrastruktur yang belum siap.

0 komentar:

Posting Komentar